Dalam rangka menunjang pelaksanaan program  penyelarasan pendidikan dengan dunia kerja, sangat diperlukan data lulusan agar Perguruan Tinggi (PT) dapat lebih mempersiapkan calon lulusannya untuk bersaing di pasar kerja yang kompetitif. Sebagai bentuk tanggung jawab  kita  terhadap masyarakat, kita perlu  melacak para lulusan  kita untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan keterampilan yang didapat memudahkan mereka dalam proses transisi dan ketika mereka bekerja.



Oleh sebab itu setiap perguruan tinggi diharapkan mempunyai program tracer study yang bertujuan  untuk  mengetahui penyerapan, proses,  dan posisi lulusan  dalam dunia  kerja; menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetensi yang diperlukan di dunia kerja; membantu program pemerintah dalam rangka memetakan dan menyelaraskan kebutuhan dunia kerja dengan kompetensi yang diperoleh dari perguruan tinggi.



Sehubungan  dengan  hal  tersebut  di  Subdit  Penyelarasan  Direktorat  Pembelajaran  dan Kemahasiswaan  Ditjen  Pendidikan  Tinggi  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan menyediakan dana program hibah Pusat Karir dan Tracer Study Tahap III bagi 34 perguruan tinggi yang memenuhi persyaratan. Untuk memperlancar pelaksanaan program hibah ini, maka diterbitkan buku panduan yang memuat  informasi  tentang  tujuan  program  hibah; deskripsi  program; persyaratan;  proses  seleksi;  kriteria;  administrasi  proposal  hibah; sistimatika  penulisan proposal dan komponen biaya yang diusulkan.



Kami percaya bahwa perguruan tinggi sangat memerlukan pusat karir dan tracer study sebagai sistem yang dapat memberikan informasi kepada lulusan agar segera mendapatkan lapangan kerja yang sesuai, maka pada kesempatan yang sangat berharga ini kami harapkan perguruan tinggi dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.



Panduan Hibah PKTS Tahun 2015